Obat Panas Dalam di Apotik yang Sesuai Kebutuhan

Panas dalam pasti kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi tersebut biasanya dihubungkan dengan rasa panas atau tidak nyaman pada tenggorokan hingga rasa nyeri saat menelan. 

Kabar baiknya, panas dalam bisa diobati, melalui obat herbal atau tradisional, hingga obat panas dalam di apotik. Anda bisa menggunakan obat panas dalam sesuai kebutuhan. 

Lebih lanjut, ketahuilah cara penanganan yang tepat serta obat panas dalam di apotik yang sesuai kebutuhan Anda seperti berikut ini. 

Apa saja obat panas di apotik yang sesuai kebutuhan Anda? 

Bagi Anda yang mengalami sakit panas dalam, segeralah atasi masalah tersebut dengan obat herbal ataupun obat panas dalam di apotik berikut ini. 

1. Obat panas dalam untuk sakit tenggorokan 

Untuk Anda yang mengalami sakit tenggorokan, obat panas dalam di apotik yang Anda butuhkan bisa beragam. Tentu, obat yang Anda butuhkan diharapkan bisa meredakan sakit tenggorokan ataupun kondisi lain yang mengakibatkan sakit di tenggorokan. Obat yang dimaksud tersebut bisa dibeli di apotik terdekat tanpa resep dokter seperti berikut.  

• Ibuprofen (Advil, Motrin)

• Paracetamol 

2. Obat panas dalam untuk sariawan 

Pada umumnya, sariawan muncul karena tubuh kekurangan nutrisi. Selain itu sariawan juga bisa terjadi akibat lidah atau dinding mulut yang tidak sengaja tergigit. Meski begitu, apabila sariawan Anda tak kunjung sembuh, segeralah minum paracetamol atau menggunakan obat yang mengandung benzocaine. Cara penggunaannya cukup dioleskan ke area lepuhan sariawan Anda. 

3. Obat panas dalam untuk sembelit 

Apabila Anda mengalami sembelit, obat umum yang bisa Anda konsumsi berupa obat laksatif (pelancar BAB) tanpa resep. Beberapa laksatif yang tersedia di apotik meliputi: 

• Stimulan seperti bisacodyl.

• Suplemen serat seperti Metamucil, Citrucel, Fibercon, dan Konsyl yang bisa juga membantu untuk mempercepat keluarnya BAB.

• Laksatif osmotik mengandung laktulosa dan magnesium sitrat. 

• Lubrikan (pelumas). Laksatif yang berisi mineral. Fungsinya membantu feses melewati usus besar lebih mudah.

• Pelunak fese merupakan laksatif yang membantu melunakkan BAB Anda. 

4. Obat panas dalam untuk bibir kering pecah-pecah 

Untuk Anda yang mengalami bibir kering pecah-pecah, disarankan agar sering menggunakan lip balm sehingga bibir Anda tetap lembap karena mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir. 

Dengan begitu, lip balm juga dapat melindungi bibir Anda dari paparan sinar matahari serta udara dingin karena bisa mengunci kelembapan bibir serta menjaganya dari infeksi.

Cara Meredakan Panas Dalam 

Selain obat panas dalam di apotik, Anda juga bisa mengobati sariawan dengan berbagai cara. Sebab, tak semua kondisi panas dalam merujuk pada suatu penyakit yang membutuhkan obat-obatan. Saat Anda di rumah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melegakan gejala panas dalam yang Anda alami.  Hal itu bisa Anda simak sebagai berikut. 

1. Istirahat cukup serta hindari paparan asap 

Istirahat yang cukup menjadi hal yang sangat penting apabila Anda sudah merasakan gejala panas dalam. Sebab, langkah tersebut bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan kuman. 

Selain istirahat yang cukup, Anda perlu menghindari paparan asap yang berlebih. Di antaranya, asap rokok hingga asap kendaraan yang bisa memperparah rasa sakit tenggorokan Anda. Apabila terpaksa tetap beraktivitas di luar rumah, gunakanlah pelindung diri seperti masker agar terhindar dari polusi tersebut. 

2. Cobalah berkumur dengan air garam 

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dinilai bisa meredakan gejala panas dalam. Campuran tersebut bisa dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Minumlah larutan tersebut sampai habis dan rasakan manfaatnya. 

 3. Konsumsi makanan yang aman di tenggorokan 

Agar tenggorokan aman dan nyaman, Anda perlu mengonsumsi sup hangat. Selain itu, ada pula teh hijau, buah manggis, serta buah semangka yang dinilai bisa membantu meredakan gejala panas dalam yang Anda rasakan.  

4. Rutin minum air putih 

Untuk mengurangi rasa panas dalam yang Anda alami, rutin minum air putih menjadi salah satu langkah yang bisa membantu melembapkan tenggorokan serta mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, perlu diingat bahwa Anda harus menghindari minuman berkafein ataupun beralkohol yang bisa mengakibatkan tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi. Anda juga dapat minum air hangat yang dicampurkan dengan madu sehingga bisa melegakan tenggorokan Anda. 

 5. Konsumsi obat herbal 

Beberapa obat herbal dinilai sangat bermanfaat untuk melegakan tenggorokan Anda. Selain itu, banyak kemasan obat herbal yang dikemas dengan bentuk permen ataupun jamu. Meski obat herbal dipercaya bisa meredakan panas dalam, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui penanganannya dengan tepat. 

6. Terapkan gaya hidup yang sehat 

Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan kuncinya. Agar tubuh tetap fit, makanlah makanan bergizi yang kaya vitamin. Hindarilah makan dalam jumlah banyak sebelum Anda tidur agar tidak mengakibatkan timbulnya penyakit, termasuk panas dalam. 

Selain itu, apabila Anda memiliki berat badan berlebih, usahakanlah untuk mengurangi berat badan. Sebab, hal itu merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung. 

Konsumsilah makanan serta minuman yang sehat dan hindarilah minuman beralkohol ataupun merokok untuk mencegah munculnya panas dalam terkait refluks asam lambung tersebut. 

Itulah cara-cara meredakan panas dalam yang bisa Anda terapkan. Selain obat panas dalam di apotik yang bisa membantu menangani sakit yang Anda derita, menerapkan gaya hidup sehat juga perlu dilakukan. Apabila sakit berlanjut, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter ataupun pergi ke klinik terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *