Manfaat Medical Check Up Di RSIA Bunda Suryatni

RSIA Bunda Suryatni adalah sebuah rumah sakit swasta yang berdiri di kota Bogor. RSIA ini merupakan RSIA swasta yang berfokus di layanan kesehatan Ibu dan Anak. Lebih lanjut, RS ini sudah mendapatkan penetapan kelas C dari Kemenkes RI pada 2014 silam. Kemudian, pada 2019 Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Suryatni sudah melakukan Surveri Akreditasi KARS Versi SNARS ed.1 dengan lulus Tingkat Madya. Selain itu RSIA ini memiliki berbagai pelayanan kesehatan dan prosedur unggulan salah satunya Medical Check Up (MCU).

Para ahli medis terus menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara teratur. Sayangnya, kebanyakan orang mengalami kehidupan sehari-hari yang sangat cepat di mana kesehatan mereka diabaikan. Adalah umum bagi individu untuk hanya mencari perawatan medis ketika mereka mengalami penyakit parah.

Khususnya di Indonesia, ada fokus besar pada gaya hidup sibuk, yang berarti bahwa kesehatan pribadi tidak diperhatikan dan pemeriksaan kesehatan rutin tidak pernah terdengar.

Namun, ini bukan praktik yang baik. Pemeriksaan rutin dengan dokter umum dianjurkan untuk kepentingan setiap individu. Ini membantu memastikan bahwa tubuh Anda berfungsi dengan baik dan bugar, dan dapat mencegah penyakit yang tidak diinginkan.

Jika Anda masih ragu akan pentingnya pemeriksaan rutin yang tidak dapat disangkal, ada beberapa alasan utama untuk meyakinkan Anda mengapa Anda harus segera membuat janji pemeriksaan dengan dokter umum Anda:

Apa itu pemeriksaan medis?

Juga dikenal sebagai pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesehatan adalah tes rutin yang dilakukan oleh dokter atau profesional medis untuk menilai kesehatan seseorang. Melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan, seseorang akan mengetahui bagian tubuh mana yang membutuhkan perhatian lebih untuk mengatasi gejala atau masalah kesehatan lainnya dengan bantuan dokter.

Ini dimulai dengan mengambil riwayat pribadi dan/atau medis orang tersebut dan informasi lain yang relevan, termasuk operasi atau prosedur medis sebelumnya, penyakit atau kondisi kesehatan masa lalu dan sekarang, daftar semua obat, kebiasaan, gaya hidup, dan sejenisnya saat ini.

Pemeriksaan kesehatan umum akan mencakup hal-hal berikut:

  • evaluasi mata, telinga, hidung, mulut, dan tenggorokan orang tersebut
  • menggunakan stetoskop untuk memeriksa dan mendengarkan jantung, paru-paru, dan usus
  • memeriksa bagian tubuh yang berbeda untuk benjolan yang tidak biasa di perut, dan merasakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan
  • mendapatkan pengukuran tinggi dan berat badan orang tersebut
  • pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui apakah itu normal, tinggi, atau rendah
  • pemeriksaan laboratorium seperti complete blood count (CBC) untuk memeriksa berbagai kondisi, tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan glukosa, serta urinalisis untuk memantau kesehatan ginjal dan saluran kemih

Dalam beberapa kasus, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan atau tes diagnostik mendalam sinar-X, pemindaian tomografi komputer (CT), elektrokardiogram (EKG) atau aktivitas jantung, tes stres kardio, dan sejenisnya tergantung pada kondisi medis orang tersebut. sejarah dan kebutuhan khusus. Medical Check Up itu bisa dilakukan di RSIA Bunda Suryatni. 

1. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan secara teratur dapat mengurangi risiko sakit

Pemeriksaan kesehatan rutin yang dibarengi dengan melakukan pemeriksaan fisik serta mental, untuk memastikan tubuh dan pikiran Anda pada keadaan fit dan tidak bermasalah. Pemeriksaan ini dikenal sebagai pemeriksaan seluruh tubuh karena alasan ini – karena pemeriksaan ini memeriksa Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki, hampir secara harfiah.

Alasan ini dilakukan adalah untuk mengetahui penyakit apa pun sejak dini, dan agar Anda dapat diberi resep pengobatan yang tepat untuk itu.

2. Pemeriksaan rutin dapat membantu mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan stres

Hari-hari ini dengan faktor-faktor seperti lalu lintas Kathmandu yang padat, tekanan konstan di tempat kerja (atau sekolah, perguruan tinggi), cuaca yang tidak terduga, tidak mengherankan bahwa kebanyakan orang menderita stres.

Hal ini menyebabkan tingkat stres yang lebih tinggi pada setiap orang dan bahkan dapat mengakibatkan penyakit dan gangguan terkait stres yang dapat bermanifestasi secara fisik atau bahkan psikologis.

Pemeriksaan seluruh tubuh secara teratur akan membantu dokter Anda mendiagnosis masalah tersebut dan juga memberi Anda kesempatan untuk mendiskusikan stres guna mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan.

3. Mendorong Kebiasaan Sehat

Dengan mengunjungi dokter umum secara rutin, Anda akan terdorong untuk menjaga pola hidup sehat. Praktek tersebut termasuk diet yang baik, olahraga teratur, dan manajemen stres. Ini karena melihat peningkatan hasil tes medis Anda selama periode waktu tertentu adalah motivasi yang besar. Tanpa janji kesehatan yang teratur, dan mengingat gaya hidup penduduk Dubai yang ramai, motivasi untuk menjaga kesehatan Anda secara umum berkurang, sehingga kebiasaan sehat yang menjaga kolesterol, BMI, dan tingkat stres Anda akan diabaikan.

4. Mengurangi biaya perawatan kesehatan dari waktu ke waktu

Biaya pengobatan bisa meroket, apalagi bila seseorang menghadapi suatu kondisi yang sudah terdeteksi pada stadium yang parah atau serius karena tidak terdiagnosis sejak dini. Lebih baik berinvestasi dalam pemeriksaan kesehatan rutin untuk mencegah, menghindari, dan mengelola penyakit pada tahap awal.

5. Meningkatkan umur dan kesejahteraan

Dokter yang baik akan mendorong pasien untuk lebih proaktif dan mengambil langkah yang tepat untuk tetap sehat. Ini akan mencakup rekomendasi tentang bagaimana mempertahankan kebiasaan baik dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Mencari Pemeriksaan Seluruh Tubuh?

RSIA Bunda Suryatni  menawarkan berbagai Paket Kesehatan Medical Check Up berdasarkan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih salah satu yang Anda butuhkan, atau Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami terlebih dahulu dan menjalani tes berdasarkan rekomendasi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *