Mitos dan Fakta Terkait dengan Linea Nigra

Mitos dan Fakta Terkait dengan Linea Nigra

Garis gelap di perut hamil Anda adalah linea nigra, kadang-kadang disebut garis kehamilan. Sekitar 80% wanita hamil akan melihat bentuk garis kehamilan selama periode mengandung, biasanya setelah trimester pertama. Ini tidak unik untuk kehamilan. Hal ini bisa terjadi saat Anda tidak hamil dan bisa terjadi pada pria.

Apa Penyebab Garis Hitam di Perut Selama Kehamilan?

Garis ini mungkin disebabkan oleh hormon dalam tubuh Anda yang berubah selama kehamilan, meskipun penyebab pastinya tidak diketahui. Plasenta dapat melepaskan hormon yang merangsang melanosit, sel-sel yang memproduksi melanin untuk membuat pigmen kulit Anda atau memberi tanda warna cokelat karena berjemur. Anda mungkin memperhatikan bahwa puting Anda menjadi gelap selama kehamilan, yang mungkin disebabkan oleh faktor ini.

Apakah Anda memiliki garis kehamilan atau tidak bukanlah cara untuk menentukan apakah seseorang hamil. Meskipun lebih sering terjadi pada wanita hamil, hal ini juga terlihat pada persentase yang signifikan dari anak perempuan, anak laki-laki, laki-laki, dan perempuan yang tidak hamil.

Peningkatan produksi melanin selama kehamilan dapat menyebabkan area ini menjadi gelap. Paling umum, hiperpigmentasi terlihat di beberapa area tubuh berikut:

  • puting
  • areola
  • Linea alba (mengarah ke garis hitam di perut)
  • Area genital
  • Wajah (disebut melasma atau “topeng kehamilan”)
  • Leher
  • Bekas luka, bintik, dan tanda lahir yang ada

Intensitas hiperpigmentasi mungkin terkait dengan:

  • Faktor lingkungan (seperti paparan sinar matahari)
  • Diet
  • Asupan beberapa obat
  • Kondisi yang sudah ada sebelumnya (seperti hipertiroidisme)
  • Predisposisi genetik

Bagaimana Garis Hitam di Perut Diobati?

Perawatan untuk linea nigra tidak diperlukan secara medis. Itu tidak mempengaruhi kehamilan, dan hampir selalu memudar atau hilang sama sekali dalam beberapa bulan setelah kelahiran.

Orang yang tidak menyukai tampilan garis kehamilan dapat mencoba cara untuk mengurangi intensitas garis, termasuk dengan:3

  • Asam Folat: Asam folat dari makanan seperti sayuran berdaun hijau, jeruk, dan roti gandum dapat mengurangi pembentukan garis kehamilan.
  • Perlindungan Matahari: Matahari dapat menggelapkan garis kehamilan. Tutupi, gunakan tabir surya spektrum luas yang baik, atau jauhi sinar matahari.
  • Krim dan pemutih: Agen pencerah kosmetik dapat digunakan setelah kehamilan jika tidak menyusui (tidak aman selama kehamilan atau saat menyusui), tetapi biasanya tidak efektif atau direkomendasikan.

Garis kehamilan akhirnya hilang untuk hampir setiap wanita. Pada awalnya, garis memendek setelah melahirkan dan kemudian menghilang sepenuhnya dalam beberapa bulan. Meskipun sifatnya tidak menyakitkan, ada banyak mitos tentang garis gelap yang panjang ini.

Berikut beberapa mitos dan fakta tentang garis hitam di perut!

1. Mitos – Garis kehamilan tiba-tiba muncul saat hamil

Fakta: Meski garis hitam terlihat saat hamil, Garis kehamilan tidak tampak lurus saat hamil. Selalu ada garis di perut wanita, yang disebut “Linea Alba”, yang berarti garis putih. Garis ini selama kehamilan sering menjadi gelap dan terlihat sebagai Garis hitam.

2. Mitos – Panjang dan posisi garis menentukan jenis kelamin bayi yang baru lahir

Fakta: Dua cerita terkenal mengatakan bahwa garis kehamilan menentukan jenis kelamin. Yang pertama mendefinisikan bahwa garis hitam itu sendiri berarti kelahiran seorang anak laki-laki. Yang kedua menandakan bahwa panjang garis, yang biasanya memanjang ke tulang rusuk, menandakan anak laki-laki dan yang lebih pendek menandakan anak perempuan. Namun, kedua kesalahpahaman itu terbukti salah oleh para ilmuwan.

Peluang jenis kelamin anehnya sama terlepas dari panjang atau tampilan garis.

3. Mitos – Garis perut ini membandel dan tidak kunjung hilang

Fakta: Meskipun garis kehamilan tebal jika dibandingkan dengan garis perut lainnya, itu bukan tanda keras kepala yang bertahan lama. Biasanya memudar setelah melahirkan dan tidak memerlukan perhatian ekstra untuk menghilangkannya. Dokter Anda akan menyarankan metode terbaik jika Anda memerlukan dukungan tambahan setelah melahirkan jika tetap bertahan.

4. Mitos – Mengoleskan krim pemutih selama kehamilan untuk menghilangkan garis kehamilan

Fakta: Krim pemutih mengandung hydroquinone dalam jumlah tinggi. Krim ini menyebabkan penyakit lahir yang serius, bintik abu-abu gelap pada bayi baru lahir, dan masalah kanker kulit saat digunakan selama kehamilan atau menyusui. Penggunaannya tidak baik untuk Anda dan malah menambah beban ekstra untuk perawatan kesehatan Anda.

Linea Nigra adalah fenomena kehamilan yang murni alami dan tidak akan pernah bisa dialami jika bukan karena kehamilan. Oleh karena itu nikmati saat-saat! Namun, jika Anda merasa berkewajiban dan ingin meminimalkan efeknya, Anda dapat memasukkan asam folat dan protein dalam jumlah tinggi ke dalam makanan Anda. Menghindari matahari untuk tingkat yang lebih besar juga akan membantu Anda dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *