Ketahui Manfaat dan Efek Samping Susu Kental Manis

Susu kental manis merupakan produk dari susu yang dibuat dengan cara menghilangkan sebagian besar air yang terdapat pada susu sapi. Proses pembuatan tersebut akan membuat susu jadi tampak kental kemudian diberi tambahan gula sehingga bisa terasa manis kemudian dikemas dalam bentuk kaleng.

Meskipun salah satu produk turunan dari susu, susu kental manis justru tampak dan memiliki rasa yang berbeda dari susu biasanya. Hal ini karena susu kental manis terasa lebih manis, teksturnya lebih kental dan creamy serta warnanya yang lebih pekat atau keruh. Tak hanya itu, susu kental manis juga dapat disimpan lama karena mengandung gula yang tinggi, sehingga menjadikannya salah satu bahan yang kerap jadi tambahan makanan atau minuman.

Merk susu kental manis dapat dijadikan pelengkap dalam makanan dan minuman

Susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, susu kental manis terbuat dari susu sapi, sehingga memiliki beberapa nutrisi yang baik seperti protein dan lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh.

Dalam 2 sendok makan susu kental manis, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 90
  • Karbohidrat: 15,2 gram
  • Lemak: 2,4 gram
  • Protein: 2,2 gram
  • Kalsium: 8% dari Nilai Harian (DV)
  • Fosfor: 10% dari Asupan Harian yang Disarankan
  • Selenium: 7% dari Asupan Harian yang Disarankan
  • Riboflavin (B2): 7% dari Asupan Harian yang Disarankan
  • Vitamin B12: 4% dari Asupan Harian yang Disarankan
  • Kolin: 4% dari Asupan Harian yang Disarankan

Manfaat Susu Kental Manis

Beberapa orang menghindari susu kental manis karena mengetahui jumlah kalorinya yang tinggi. Akan tetapi, susu kental manis juga memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Memiliki Umur Simpan yang Panjang

Penambahan gula dalam susu kental manis membuat susu tersebut jadi lebih tahan lama daripada susu biasanya. Bahkan susu kental manis dapat disimpan dalam kaleng untuk waktu yang sangat lama tanpa pendinginan bahka bisa sampai satu tahun.

Akan tetapi, setelah Anda membuka kaleng susu kental manis, produk tersebut sebaiknya segera disimpan dalam lemari es karena umur simpannya bisa berkurang drastis menjadi sekitar dua minggu saja.

2. Mengandung Ekstra Kalori dan Protein

Susu kental manis memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga menjadi bahan yang tepat bagi seseorang yangs edang mencoba menambah berat badan. Selain itu, mengonsumsi susu kental manis untuk meningkatkan kadar kandungan kalori lebih bermanfaat daripada menggunakan gula saja karena produk susu kental manis juga menyediakan ekstra protein, lemak dan beberapa mineral yang dapat menyehatkan tulang seperti kalsium dan fosfor.

Efek Samping Susu Kental Manis

Meski susu kental manis memiliki banyak manfaat, tetapi susu tersebut juga mempunyai efek samping seperti berikut ini.

1. Mengandung Kalori yang Tinggi

Jumlah kalori yang tinggi dalam susu kental manis bisa berarti positif atau negatif, tergantung kebutuhan Anda. Namun, bagi Anda yang sedang mencoba menambah berat badan, susu kental manis bisa bermanfaat untuk Anda. Akan tetapi kandungan kalori yang tinggi dapat berefek negatif khususnya bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan karena produk tersebut dapat memberikan kalori tambahan yang tidak diperlukan.

2. Tidak Cocok untuk Anda yang Intoleransi Susu atau Laktosa

Susu kental manis merupakan suatu produk yang terbuat dari bahan susu sapi. Oleh karena itu susu kental manis juga mengandung protein susu dan laktosa. Namun, jika Anda alergi terhadap protein susu atau tidak toleran terhadap laktosa, maka susu kental manis tidak cocok untuk Anda konsumsi.

3. Memiliki Rasa yang Tidak Biasa

Ada orang yang tidak dapat menikmati sensasi rasa manis dari susu kental manis. Tak hanya itu, ada orang yang menganggap bahwa susu kental manis terlalu manis untuk digunakan dalam bahan memasak makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *