Ketahui 4 Nutrisi dan Vitamin Agar Cepat Hamil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah tingkat kesuburan, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis nutrisi dan vitamin agar cepat hamil. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, ada baiknya jika kamu menyimak artikel ini hingga selesai.

Seperti yang telah diketahui, vitamin merupakan salah satu kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu perannya adalah untuk membuat kinerja tubuh berjalan dengan optimal. 

Manfaat lainnya dari vitamin dan beberapa nutrisi lainnya adalah untuk membantu proses program kehamilan. Konsumsilah beberapa nutrisi dan vitamin berikut secara rutin dan dengan dosis atau takaran yang sesuai untuk mempercepat terjadinya kehamilan. 

Nutrisi dan Vitamin agar Cepat Hamil

Ada beberapa nutrisi dan vitamin yang bisa kamu konsumsi dengan takaran yang tepat untuk mempercepat proses kehamilan. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

  1. Asam folat

Nutrisi dan vitamin pertama yang bisa mempercepat kehamilan adalah asam folat. Biasanya, konsumsi asam folat memang ditujukan untuk melancarkan proses kehamilan dan juga masa menyusui setelahnya. 

Biasanya, seorang perempuan memang disarankan untuk mengkonsumsi asam folat 400 mcg dalam satu hari, apalagi jika sedang berada dalam program kehamilan. Jika kamu mengkonsumsinya secara teratur, sangat bermanfaat untuk membuat sel darah merah. 

Mengkonsumsi asam folat juga bisa mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kecacatan pada janin. Kamu bisa mendapatkan asam folat dengan meningkatkan konsumsi makanan seperti sayuran hijau dan biji-bijan. 

Khusus bagi yang sedang berada dalam program hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya makanan dengan asam folat sekitar 1 atau 2 bulan sebelum terjadinya kehamilan. 

  1. Vitamin B

Vitamin lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah vitamin B. Jenis vitamin ini memang sangat penting untuk sistem reproduksi. Vitamin B ini juga termasuk vitamin B1, B2, B6, dan juga B12. Kelompok vitamin ini memang sangat penting untuk pembuahan lantaran bisa membantu ovarium dan juga pelepasan sel telur. 

Misalnya saja, untuk vitamin B6 sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan ada progesteron yang ada dalam tubuh wanita. Selain itu, B6 juga sangat bermanfaat untuk fase luteal. 

Ada juga B12 yang memang sudah dikenal dengan manfaatnya yang bisa meningkatkan kualitas sperma yang ada pada pria dan juga merupakan vitamin pengatur hormon. 

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B dengan mengkonsumsi sayuran hijau, pisang, tuna, kerang, kol, telur, dan juga sawi. 

  1. Vitamin D

Tak hanya vitamin B, jenis vitamin D juga sangat kamu butuhkan untuk mempercepat program kehamilan. Terutama vitamin D untuk wanita. Ada penelitian yang menunjukkan hasil bahwa seorang wanita dengan tingkat atau kadar vitamin D yang normal, biasanya lebih mudah dan lebih cepat hamil secara alamiah. 

Vitamin ini memiliki peran penting untuk hormon reproduksi. Kandungan vitamin D bisa ditemukan pada makanan seperti produk susu, mackerel, salmon, tuna, dan juga minyak ikan cod. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dengan cara berjalan santai ketika pagi hari. 

  1. Vitamin E

Selanjutnya, kandungan gizi yang kamu perlukan untuk mempercepat proses kehamilan adalah vitamin E. Vitamin ini memang sangat penting guna melindungi sel terlur dan juga DNA sperma saat selesai pembuahan. 

Kandungan ini merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Jika tubuh terlalu banyak terkena radikal bebas, biasanya sel-sel yang ada dalam tubuh cepat rusak dan tidak bisa membuatnya tahan terhadap infeksi.

Kekurangan kandungan vitamin E pada wanita, juga bisa menyebabkan turunnya ovulasi dan mempengaruhi perubahan kehamilan. Sedangkan pada pria, kekurangan vitamin E bisa mengakibatkan kerusakan testis dan mempengaruhi kualitas dari produksi sperma. 

Rekomendasi dosis yang harus dikonsumsi adalah sekitar 1000mg. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan seperti labu, biji bunga matahari, hazelnut, dan juga almond. Bisa juga dengan jenis buah-buahan seperti kiwi dan juga mangga. Nah, itulah nutrisi dan vitamin agar cepat hamil yang bisa kamu konsumsi. Dengan bantuan asupan nutrisi dan vitamin tersebut, impianmu untuk segera memiliki buat hati bisa segera terlaksana. Semoga membantu.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *