Daftar Pantangan Diet OCD yang Harus Dihindari

Diet OCD merupakan metode diet yang dipopulerkan Deddy Corbuzier. Diet OCD juga disebut intermittent fasting, yang mana Anda harus berpuasa dalam waktu tertentu. Namun meski berpuasa, Anda tetap dapat mengonsumsi air putih. Metode diet satu ini memiliki kebebasan tapi ada beberapa pantangan diet OCD yang harus diperhatikan.

Daftar Pantangan Diet OCD

Jika diet OCD tidak dianggap sebagai metode diet melainkan sebagai pola makan, maka diet OCD terbukti dapat meningkatkan fungsi otak yang sehat, menurunkan gula darah dan membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Ada beberapa metode diet OCD yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Metode 16/8

Dalam metode ini, Anda berpuasa selama 16 jam dan memiliki waktu makan (jendela makan) 8 jam sehari. Dalam waktu jendela makan, Anda bisa makan dua atau tiga lebih makanan. Dan saat berpuasa, Anda tetap dapat mengonsumsi air putih atau minuman lainnya yang tidak mengandung kalori.

Metode ini bisa sangat mudah dijalankan jika Anda tidak makan apapun setelah makan malam dan melewatkan sarapan pagi. Misalnya jika Anda terakhir makan pukul 9 malam, maka Anda bisa makan kembali pukul 1 siang.

Diet ketofastosis dianggap lebih efektif dalam menurunkan berat badan
  • Metode 5:2

Dalam metode ini, Anda dapat makan 5 hari dalam seminggu dan membatasi asupan kalori selama 2 hari dalam seminggu. Dalam metode ini, Anda bisa mengonsumsi 500 kalori (wanita) dan 600 kalori (pria).

Misalnya, Anda melakukan metode ini dalam hari kerja Senin hingga Jumat. Selama waktu tersebut, Anda bisa makan dengan porsi normal. Namun selama akhir pekan, Anda harus membatasi asupan kalori per hari masing-masing 250 kalori untuk wanita dan 300 kalori untuk pria.

Agar metode tersebut berhasil, ada hal-hal yang harus Anda hindari. Berikut daftar pantangan diet OCD yang harus Anda perhatikan.

  1. Hindari Gula

Meski Anda memiliki kebebasan untuk minum apapun dalam waktu jendela makan, usahakan jangan mengonsumsi minuman yang mengandung gula atau pemanis buatan. Mungkin banyak yang tidak tau jika gula termasuk makanan tinggi kalori dan memiliki sedikit nutrisi. Mengonsumsi sedikit gula memang tidak akan membuat berat badan Anda bertambah, namun mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan kelebihan lemak di tubuh.

Minuman tinggi gula seperti soda dapat membuat Anda cepat merasa kenyang namun bukan berarti berat badan Anda dapat berkurang. Gula justru dapat meningkatkan berat badan karena dapat membuat Anda juga lebih cepat lapar sehingga Anda makan lebih banyak saat jendela makan tiba.

  1. Makanan Kalori Tinggi

Saat waktu jendela makan tiba, jangan mengonsumsi makanan sekaligus dalam porsi banyak. Walaupun Anda bisa mengonsumsi makanan apapun, namun tetap batasi asupan kalori setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi minimal 800 kalori sehari dalam metode 16/8. Karena konsumsi kurang dari 800 kalori per hari dapat membuat Anda cepat lapar dan bahkan juga bisa meningkatkan pengeroposan tulang.

Anda tetap dapat mengonsumsi minuman seperti air putih, teh dan kopi di luar waktu jendela makan. Namun hindari penggunaan gula, susu maupun creamer.

Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi saat jendela makan seperti:

  • Buah-buahan: Apel, pisang, beri, jeruk atau pir.
  • Sayuran: Brokoli, timun, sayuran hijau, kembang kol atau tomat.
  • Biji-bijian: Beras, oat, soba atau barley.
  • Lemak sehat: Minyak zaitun dan alpukat.
  • Protein: Daging unggas, ikan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan.

Makanan kaya nutrisi dapat membantu agar diet OCD Anda berhasil, sekaligus membantu Anda kenyang lebih lama.

  1. Malas Bergerak

Meski berpuasa, namun jangan malas beraktivitas. Agar diet OCD Anda berhasil, maka lakukan banyak aktivitas salah satunya dengan berolahraga. Tidak berolahraga merupakan salah satu kesalahan yang kerap dilakukan orang-orang yang menjalani diet OCD.

Agar tidak membuat Anda lemas, Anda bisa berolahraga saat waktu jendela makan tiba. Dan konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein 30 menit setelah berolahraga. Jika Anda termasuk orang yang jarang berolahraga, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau push up setidaknya 30 menit sehari.

Dengan memerhatikan pantangan diet OCD, maka tingkat keberhasilan diet yang Anda lakukan akan semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *