belajar mengenal huruf

Ajari Anak Belajar Mengenal Huruf? Pahami Faktanya Dulu

Anda sudah tidak sabar untuk mengajari si kecil belajar mengenal huruf? Pembelajaran yang satu ini memang penting karena berpengaruh besar ke tingkatan perkembangan anak selanjutnya, mulai dari menulis, membaca, sampai mengerjakan soal ketika ia sudah masuk sekolah. 

Namun, jangan sembarangan mengajari anak belajar mengenal huruf. Salah-salah anak menjadi bosan dan enggan untuk melanjutkan pembelaharan dari anak. Perlu trik khusus untuk membuat proses pengenalan huruf terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami si kecil. 

Karena alasan itu pula, penting untuk sebelumnya memahami fakta-fakta terkait pengenalan huruf kepada sang buah hati yang masih berusia di bawah 5 tahun. Apa saja fakta-fakta yang mesti dipahami tersebut? Simak ulasannya di bawah ini, ya. 

Mulai ketika Kosakatanya Cukup Banyak 

Waktu yang tepat sangat perlu diperhatikan ketika hendak mengajari si kecil belajar mengenal huruf. Jangan terburu-buru mengajari si kecil karena bisa jadi ia belum siap sehinga rancangan pengenalan huruf yang Anda buat menjadi kurang bermanfaat. Jadi, kapankah waktu yang tepat untuk bisa mulai mengajari anak belajar mengenal huruf? Mulailah saat kosakata yang ia ucapkan sudah cukup banyak. Anak-anak biasanya akan mulai mengucapkan kata-kata utuh yang cukup banyak mulai usia 15 bulan. Beberapa lainnya mungkin di atas usia tersebut. Pada saat itulah, Anda mulai bisa mengajari anak mengenal huruf dengan metode bermain. Ingatlah, yang Anda lakukan hanyalah membuat anak belajar mengenal huruf, bukan mengajarinya langsung membaca, ya. 

Buat Ia Menyenangi Kata 

Supaya ia lebih tertarik belajar mengenal huruf, Anda mesti membuatnya lebih menyenangi kata-kata. Banyak cara yang dapat Anda lakukan, namun salah satu yang paling efektif adalah dengan membacakannya buku cerita. Biasakanlah membacakan cerita setiap hari, khususnya ketika Anda hendak tidur. Anda bisa memakai buku cerita bergambar dengan ukuran font huruf yang cukup besar agar si kecil menjadi bertanya-tanya, dari mana sumber cerita yang Anda dengungkan kepadanya. 

Suara Berpengaruh Besar 

Ternyata suara berpengaruh besar terhadap kemampuan sang buah hati dalam belajar mengenal huruf. Karena alasan inilah, upayakan Anda mengajar anak dengan suara yang cukup keras dan jelas. Keras bukan berarti seperti bentakan, ya! Anda juga bisa mengajari anak belajar mengenal huruf memakai metode nyanyian agar terasa lebih menyenangkan sehingga si kecil tidak jenuh dalam belajar. 

Mengenal Bukan Berarti Menulis 

Sekali lagi ingatlah, yang Anda lakukan adalah membuat anak belajar mengenal huruf dari segi bentuk dan nama. Mengenal huruf satu demi satu bukan berarti anak dapat membaca huruf-huruf yang disusun sedemikian rupa. Mengenal huruf tidak lantas membuat Anda langsung bisa menulis huruf-huruf tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika sampai usia 3 tahun atau lebih anak Anda masih kesulitan menulis huruf. Pasalnya, proses menulis memerlukan kemampuan motorik dan sensorik yang lebih terperinci dan agak berbeda daripada pengenalan huruf. 

Tak Ada Waktu Pasti 

Banyak orang menanyakan kapan waktu pasti anak sudah bisa mengenali dan membedakan tiap huruf jika dihitung dari waktu mulai belajar mengenal huruf. Jawabannya, tidak ada waktu pasti sampai anak bisa mengenal dan membedakan seluruh huruf. Beberapa anak berkembang cepat dan mudah mengenali huruf kurang dari 3 bulan. Beberapa lainnya memerlukan waktu yang lebih lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila perkembangan si kecil terus bertambah dan tidak stagnan. 

Tanda Gangguan Disleksia 

Waspadailah apabila anak Anda hanya kesulitan mengenal huruf-huruf tertentu yang bentuknya mirip, sepeti “b” dengan “d” ataupun “p” dengan “q”. Sangat membedakan huruf dengan bentuk yang mirip merupakan tanda-tanda adanya gangguan disleksia. Disleksia merupakan kondisi di mana anak mengalami kesulitan parah dalam mengenal huruf-huruf tertentu, mengeja, menulis, sampai membaca. Kondisi ini bisa diperbaiki agar tidak sampai parah jika dikenali dengan lebih cepat untuk diberi terapi yang sesuai. 

Sekarang sudah siap mengajarkan anak belajar mengenal huruf? Ingatlah selalu untuk mengajarinya lewat metode permainan agar ia tidak merasa terpaksa dan tidak bosan saat berusaha mengenal huruf satu demi satu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *