5 Cara Mengobati Jerawat di Kepala, Bisa dengan Bahan Alami Juga

Jerawat tidak hanya muncul di kulit wajah dan tubuh, tapi ternyata muncul juga di kepala. Jerawat di kepala ini mungkin jarang terjadi. Namun, saat sudah muncul, biasanya akan terasa gatal, ngilu, dan mengganggu. 

Secara umum, jerawat di kepala ini muncul karena pori-pori atau folikel rambut tersumbat. Saat sel kulit mati, sebum, dan bakteri masuk ke pori-pori dan terjebak, maka inilah yang akan menjadi jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat di kepala yang perlu diketahui.

  1. Menggunakan sampo khusus antibakteri

Jika sampo dan kondisioner yang digunakan menjadi penyebab munculnya jerawat di kepala, maka sudah saatnya Anda beralih menggunakan sampo antibakteri.

Sampo jenis ini bisa secara bebas ditemukan di toko atau apotek terdekat yang menjual alat kesehatan. Jika bingung memilih sampo antibakteri yang mana akan digunakan, ada baiknya berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan rekomendasi terbaik.

Jika sudah menggunakan sampo antibakteri, Anda juga perlu mengetahui cara penggunaannya yang tepat.

Anda perlu mendiamkan sejenak sampo sebelum dibilas menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan agar kandungan sampo bekerja lebih maksimal mengusir bakteri penyebab jerawat di kepala

  1. Oleskan essential oil

Anda juga bisa menggunakan minyak esensial seperti tea tree oil dan jojoba oil. Berbagai jenis minyak esensial ini diyakini dapat mengusir bakteri penyebab jerawat di kulit kepala.

Apalagi tea tree dikenal memiliki manfaat khusus membasmi bakteri, lalu ada jojoba oil yang bekerja dengan mengurangi peradangan di kulit kepala. 

Cara penggunaannya juga mudah, cukup dengan menuangkan beberapa tetes minyak esensial pada sampo yang Anda gunakan. 

  1. Menggunakan produk perawatan yang bebas minyak

Untuk menghilangkan jerawat di kepala bisa dengan memilih produk perawatan rambut yang bebas minyak. Sebab produk ini tidak rentan menyumbat pori-pori kulit. Pilihlah gel rambut, hairspray, atau pomade yang tidak mengandung sulfat.

  1. Hindari memencet jerawat

Jerawat yang muncul di kulit kepala tidak boleh dipencet. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi yang lebih parah bahkan peradangan. 

Lebih buruk lagi jika jerawat semakin masuk jauh ke dalam lapisan kulit sehingga membuat infeksi yang terjadi sembuh lebih lama.

  1. Menggunakan obat jerawat resep dokter

Biasanya akan butuh waktu yang cukup lama untuk mengobati jerawat, yaitu sekitar 4-8 minggu. Jika pengobatan rumahan yang dilakukan tidak kunjung berhasil, maka segera konsultasikan ke dokter.

Tak ada salahnya untuk mengobati permasalahan rambut di dokter seperti jerawat di kulit kepala ini. Mungkin saja kondisi yang Anda alami membutuhkan obat dari dokter untuk mengurangi peradangan yang terjadi.

Pengobatan Menggunakan Bahan Alami

Selain itu, ada pula berbagai bahan alami yang diyakini dapat membantu mengatasi jerawat di kepala hingga tidak menjadi parah.

  • Tomat

Tomat tidak hanya mengandung asam salisilat, tapi juga bisa mengatur pH yang sehat untuk kulit kepala dan rambut. Sehingga tomat dikenal sebagai obat alami untuk permasalahan jerawat di kepala.

  • Sari cuka apel

Cuka apel mengandung antioksidan dan senyawa antimikroba yang dapat membantu mengembalikan tingkat pH di kulit. Anda bisa mencampur cuka apel dengan air agar tingkat keasamannya berkurang.

  • Bawang putih

Bawang putih juga kaya akan antioksidan dan mengandung antivirus serta antijamur. Anda bisa membuat air rebusan bawang putih, lalu gunakan air tersebut untuk membilas kepala.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa mengatasi jerawat di kulit kepala, lho. Hal ini karena dalam minyak kelapa terkandung antimikroba dan antiinflamasi. 

  • Tea tree oil

Tea tree oil dikenal sebagai obat jerawat alami. Sebab, dalam minyak ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antimikroba yang efektif membuka pori-pori kulit kepala dan mengurangi inflamasi.

  • Jojoba oil

Minyak jojoba ini kaya akan vitamin C. Selain itu juga mengandung senyawa antibakteri dan nonkomedogenik. Dengan begitu, minyak ini bisa menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala dan rambut, serta dapat membuka pori-pori. 

  • Lidah buaya

Lidah buaya juga termasuk bahan yang baik dalam mengobati jerawat. Di dalam lidah buaya ini terkandung sifat regeneratif dan antiinflamasi yang bisa meredakan iritasi di kulit kepala. 

  • Minyak esensial melati

Minyak esensial melati merupakan salah satu minyak yang juga bisa mengatasi jerawat di kulit kepala. Hal ini karena adanya kandungan asam benzoat yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan mencegah munculnya jerawat di kulit kepala.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di kepala. Bahan-bahan alami tersebut juga mudah didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *